Oleh: Heri Kuswara | September 8, 2008

TIPS Cepat Mendapatkan Pekerjaan

TIPS Cepat Mendapatkan Pekerjaan

 

Langsung dapet kerja setelah lulus kuliah itulah memang dambaan semua mahasiswa. Bagi mahasiswa, setelah melahap teori ini.. itu.., memasuki dunia kerja bagaikan melangkah ke dunia baru yang penuh dinamika dan tantangan. Namun, untuk mendapatkan kerja usai kuliah bukan hal mudah. Anda harus bersaing secara ketat dengan para fresh graduate lainnya.

 

Tapi jangan terlalu khawatir, setidaknya ada beberapa cara untuk mengantisipasi kesulitan mendapat kerja seusai kuliah. Bagaimana caranya ? Mulailah dari kampus ! Maksudnya saat Anda masih duduk di bangku kuliah, Anda harus mulai  ‘bergerilya’  mengumpulkan informasi dunia kerja.

 

Nah tips berikut ini dapat membantu Anda agar cepat mendapatkan pekerjaan, simak deh  :

 

™    Rajin-rajinlah melihat Informasi Peluang Kerja.

Pengumuman di mading kampus, Web Site Kampus, Lembaga Career Kampus merupakan media informasi kerja yang up to date dan akurat. Banyak Pengumuman tentang  informasi pekerjaan secara rutin dipajang/diupload dari berbagai jenis perusahaan. Juga anda dapat melakukan download pada situs-situs career.  Jika sesuai, buatlah surat lamarannya dan kirimkan ke perusahaan tersebut.

 

™    Kirimlah surat lamaran sedini dan sebanyak mungkin.

Selain rajin membaca papan pengumuman di kampus, Lembaga Career Kampus, atau web site kampus  ngga ada salahnya Anda rajin hunting lowongan pekerjaan lewat koran, internet, dll. Jika ada yang cocok dengan Anda, kirimkan lamaran secepat mungkin. Besar kemungkinan file Anda tidak datang terlambat, dan akan diperlakukan dengan layak.

 

™    Gali informasi Career Sebanyak-banyaknya.

Sumber Informasi career, peluang dan yang berhubungan dengan pekerjaan dapat kita dapatkan dari Lembaga career kampus,  Dosen, senior (Ikatan Alumni) dan civitas akademika lainnya mengenai prospek mendapatkan pekerjaan.

 

™    Tergabung Kedalam Jaringan Career.

Menjadi salah satu anggota atau pengurus suatu jaringan career seperti pada lembaga career, Ikatan Alumni,  Groups Yahoo, Mailing List, dll akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi pekerjaan. Jaringan career diatas merupakan media efektif dan refresentatif bagi mahasiswa/alumni dalam meraih pekerjaan yang didambakan.

 

™    Sertakan berbagai Referensi dan Rekomendasi.

Saat mengirimkan surat lamaran, sertakan berbagai referensi dan rekomendasi baik berupa sertifikat atau surat keterangan dari kampus dan perusahaan (tempat Study Banding, Riset, PKL atau KKP) Terutama, jika prestasi akademik kita cukup memuaskan. Karena ini akan menambah point tersendiri.

 

™    Kerja paruh waktu.

Sebagai mahasiswa yang masih mengenyam bangku kuliah dan tentunya belum expert disalah satu bidang pekerjaanpun,  jangan alergi dengan peluang pekerjaan apapun yang penting halal (sesuai kemampuan). Dan jangan malu atau ragu dengan kerja paruh waktu, free lines, magang  dan sebagainya.  Saat itu seraplah ilmu praktis sebanyak-banyaknya, sehingga menjadi referensi anda untuk meniti karir ke-jenjang yang lebih menggiurkan.

 

™    Jangan remehkan kesempatan PKL/Magang/KKP.

Manfaatkan moment ini sebaik-baiknya. Serap dengan baik pengalaman kerja secara langsung. Jalinlah hubungan baik dengan media atau perusahaan tempat Anda praktek. Siapa tau aja, kelak usai Anda kuliah, Anda bisa menembus kerja di perusahaan itu.

 

™    Manfaatkan Moment Penyusunan Tugas Akhir.

Penelitian di perusahaan tertentu saat penyusunan tugas akhir bisa membuka peluang kerja Anda kelak. Selain menggali bahan-bahan tugas akhir dari orang-orang yang kompeten di perusahaan tsb, jangan lupa jalinlah hubungan baik dengan mereka. Selain bisa menambah ‘point’ tugas akhir Anda, hal ini juga membuka kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan saat lulus kuliah.

 

Selebihnya, tentu saja Anda harus mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan Anda plus menjalin hubungan pertemanan seluas-luasnya. Baik dengan sesama rekan mahasiswa, Alumni maupun dengan kalangan pekerja. Niscaya semua ini akan mempermudah Anda melangkah ke dunia kerja saat meninggalkan bangku kuliah. Anda setuju…?? Jika Yaa… Silahkan Dicobaa. Chagggghh……. Disampaikan Oleh BSI Career

 

Iklan

Responses

  1. Wah boleh dicoba juga nich tipsnya..makasih ya mas, lam kenal..

  2. bagus blognya pak….

  3. Apa kabar mas Heri Kuswara? Moga tambah sukses dan ceria ya… hahaha… 😀

    Bagaimana dengan buku internal nya? Apakah sudah dicetak? Bisakah saya juga dikirimi satu saja, yang ada Kata Pengantar saya itu. 🙂 Buat cendera mata nih…saya memang senang ngumpulin berbagai buku dari para penulis yang ada endorsement saya.

    Ok, senang bisa mampir ke blog anda ini.
    Salam dari Surabaya,
    Wuryanano 🙂

  4. Kabar Baik Luar Biasa PRima Mas Nano.. Amiiiiiiiiiinnn Mudah2an Kesuksesan Mas Nano Dapat menular kepada Saya. Pokoknya Mas Nano salah satu Figur Saya Untuk ditauladani. Mas Nano adalah Sang Inspirator, Sang Motivator dan Sang Entrepreneur Sukses luar biasa prima.

    Insya Alloh Mas.. Nanti ta.. Kirimin Bukunya Mas…Mudah2an secepatnya

    Makasih sudha mampi ke Blog Sederhana ini Mas.
    Sukses Selalu menyertai Mas dan Keluarga. Amiiiiiiiiiiiiinnn

  5. Pak, gmana peluang PNS…. temen2 BSI sekarang banyak yang nyangkut disana tuch…

  6. luar biasa

  7. betul pak ..baik pak lagi saya pelajari pak proposalnya pak

  8. Kang… buat mhs BSI mungkin tulisan2 model kayak gini perlu dibanyakin kalee ya… bagus buat motivasi dan nambah wawasan mahasiswa

    • Siiappp Kang Andi nuhun dibantu atuh sokk tambahin artikelna lahh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: