Bagea Garut

Dana Jaring Asmara Diselewengkan Anggota DPRD

Senin, 24 November 2008 , 14:44:00

BANDUNG,(PRLM),- Ratusan Kepala Desa (Kades) di Kab.Garut mengalami keresahan bahkan ada yang mengalami stress atas pemeriksaan yang dilakukan Polda Jabar dalam kaitannya dengan dana jaring Asmara (Aspirasi Masyarakat) yang diduga melibatkan anggota DPRD Garut.

Kades yang berjumlah 400 orang itu pada 2007, mendapatkan projek jaring asmara dari Kab.Garut. Belakangan diketahui projek senilai Rp 76 miliar itu diduga diselewengkan anggota DPRD.

Menurut kuasa hukum para Kades, Hendrawan,  projek seharusnya bernilai Rp 40 juta, dibagikan kepada para Kades Rp 20 juta.

“Karena kasus itulah  para kades diperiksa, padahal mereka tidak tahu menahu soal penyelewengan itu. Akhirnya sekitar 100 kades meminta perlindungan hukum pada saya,” katanya.( A-113/kur)*** di download dari http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=44489

Iklan

Responses

  1. CObi Direspon euy

  2. Lima Anggota DPRD Garut Diperiksa
    Selasa, 16 Sep 2008
    BANDUNG – Dalam sepekan terakhir, Satuan Tindak Pidana Korupsi Dit Reskrim Polda Jabar telah memeriksa lima anggota DPRD Garut. Mereka diperiksa terkait dugaan korupsi dana Jaringan Aspirasi Masyarakat (Jasmara) tahun anggaran 2007 senilai Rp 15 miliar.

    Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Dade Achmad didamping Kasat Tipikor AKBP Yayat Ruchiyat mengatakan, Senin (15/9), pihaknya memeriksa tiga anggota dewan, yaitu Gaos Hamdani (F-PAN), Agus Koswara (F-PBB), dan Maman Sukirman (F-PAN). “Mereka diperiksa sejak pukul 09.00 sampai selesai,” katanya kepada wartawan.

    Dua anggota DPRD lain yang telah diperiksa adalah Ali Rahman dan Kurnia, keduanya dari F-PKB. Mereka diperiksa pada Kamis (11/9). “Tiga anggota dewan yang diperiksa hari ini harusnya diperiksa Jumat. Tapi mereka tidak datang dan bisanya hari ini,” ujarnya.

    Dade menambahkan, total anggota dewan yang akan diperiksa mencapai 26 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan izin pemeriksaan yang diajukan ke Pemprov.

    Para anggota DPRD Garut tersebut diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan dana Jasmara tahun anggaran 2007 senilai Rp 15 miliar lebih. Kasus ini mencuat Juni 2008 atas laporan sebuah LSM ke Polda Jabar. Dana yang dicairkan selama tahun 2004-2007 berasal dari dana bansos yang mencapai Rp 73 miliar dari total Rp 103 miliar anggaran untuk bansos.

    Sesuai juklak, pengajuan dana tersebut harus dilakukan oleh aparat desa yang berkepentingan. Namun sejumlah anggota dewan berinisiatif membuat proposal pengajuan dana bansos, mengatasnamakan sejumlah desa.

    Dana itu dikeluarkan sebelum adanya pengesahan anggaran APBD Tahun 2007. Penyidik telah memeriksa beberapa kepala desa, instansi terkait, kepala dusun, dan yang menerima bantuan. Polisi menemukan indikasi kuat penyelewengan dana yang dipegang sejumlah anggota dewan.

    Terkait kelanjutan kasus dugaan korupsi anggota DPRD Kota Cirebon, Sat Tipikor Polda Jabar telah memeriksa 39 anggota dan mantan anggota DPRD Kota Cirebon. Mereka terdiri dari 23 anggota aktif dan 16 anggota non aktif.

    Pada hari Senin kemarin, ada 4 orang anggota DPRD Kota Cirebon yang menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.30. Mereka ialah Suyatno AS, Wawan Wanija, Citoni, dan M Safari.

    Mereka diperiksa terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan asa serta tunjangan operasional tahun anggaran 2004 sebesar Rp 4,983 miliar. “Tinggal empat orang lagi yang belum diperiksa di antaranya Cipto dan Junaedi.

    Pokoknya sampai tanggal 17 September nanti, semua anggota DPRD Kota Cirebon beres diperiksa. Statusnya masih saksi,” ujar Dade.(tis)

    Bansos Rp 15 Miliar
    Diperiksa Senin (15/9)* Gaos Hamdani (F-PAN)
    * Agus Koswara (F-PBB)
    * Maman Sukirman (F-PAN)
    Diperiksa Kamis (11/9)* Ali Rahman (F-PKB)
    * Kurnia (F-PKB)

    (sumber:tribunjabar)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: